Senin, 19 Oktober 2009

“Peralatan” Memantau Jaringan HotSpot Wi-Fi Dengan AirSnare

Memang memakai jaringan hotspot Wi-Fi untuk membagi koneksi surfing internet di rumah cukup mengasyikkan, tidak perlu narik kabel panjang-panjang, cukup dengan wireless router dan sedikit konfigurasi, kita bisa membagi koneksi ke siapa pun juga. Jika kamu sering menggunakan jaringan terbuka alias open network karena client-clientmu hanya kamar-kamar di rumah dengan cakupan sinyal yang tidak kuat, tentunya ada satu permasalahan yang perlu dipertimbangkan yaitu keamanan jaringan atau network itu sendiri.

Memang konsekuensi yang paling sederhana adalah koneksi kita bisa dipakai oleh tetangga. Ya, mungkin anda orang yg cukup dermawan / murah hati. Tapi kalau tetangga anda reseh, gmn? Mungkin dia ingin mengintrusi server jaringan, melakukan cracking terhadap komputermu, mencuri password, masuk ke system untuk bobol data? Itu yang mesti diperhitungkan. Kalau ga hati-hati, dia bisa nanamin utility kecil untuk spoofing networkmu.

Untuk mencegah hal itu supaya kita dapat memantau jaringan hotspot wi-fi kita, kita bisa menggunakan software / “peralatan” bernama AirSnare. Airsnare, kita akan bisa memonitoring, memberikan warning, memproteksi secara dini adanya paket-paket data yang bermasalah. Mungkin adanya MAC address yg tidak “bersahabat” atau kiriman DHCP yang tidak diinginkan, maka AirSnare dapat memberitahukan kita secara cepat.

Airsnare dapat bekerja secara background tanpa mengganggu kerja anda lainnya. Tingkat keamanan dan sensitivas “peralatan” wi-fi network ini didasarkan bagaimana kita mensetting penggunaannya. Satu hal yg cukup mencengangkan adalah kita bisa
konfigurasi AirSnare untuk memberikan alert via email jika ada gangguan-gangguan terdapat system jaringan. Jadi, saat kita berada tidak di depan PC, AirSnare adalah mata-mata yg akan mengkontek kita sehingga kita bisa mengambil langkah lebih lanjut.

0 komentar:

Poskan Komentar